Mulai Dari Sini, Cara Membuat Blog Di Blogspot

Membuat Blog di Blogspot atau yang lebih sering kita kenal dengan Blogger.com merupakan alternatif terbaik bagi kamu atau siapa pun yang ingin mencoba membuat sebuah blog pribadi untuk pertama kalinya. Langkah-langkah untuk membuat blog menggunakan Blogspot sangat simpel dan tentunya gratis. Jadi, Sekalipun orang yang tidak paham akan bahasa pemrograman, Tetap bisa membuat blog di blogspot.

Jika sebelumnya Media 707 membuat artikel tentang Cara Membuat Blog di WordPress, maka di kesempatan ini akan memberikan Cara Membuat Blog di Blogger. Jika tertarik pada WordPress silahkan baca artikel nya.

cara membuat blog di blogspot

Cara Membuat Blog di Blogspot

Kita akan masuk ke langkah – langkah sederhana untuk membuat blog. Silahkan persiapkan cemilan agar tidak bosan mengikuti panduan singkat yang deuxly sampaikan pada artikel ini.

Menyiapkan Akun Google

Sebelum masuk ke tahap Membuat Blog di Blogspot kita akan membahas sedikit mengenai blogger, yang mana merupakan salah satu platform ternama milik raksasa mesin pencarian yaitu Google. Agar bisa Membuat Blog di Blogger, Mempunyai satu akun Google adalah syarat yang wajib. Kamu tidak akan bisa membuat blog di Blogspot dengan email lain, seperti Yahoo, Microsoft, maupun email custom lainnya.

MemBuka Situs Blogspot atau Blogger.com

Agar bisa masuk ke Blogspot, Kamu bisa mengakses URL berikut

https://blogger.com

Kamu akan masuk ke halaman beranda atau dashboard Blogger yang memiliki tampilan sederhana, enak dipandang dan user friendly

Terdapat 2 pilihan yang bisa kamu lakukan, yakni sign in dan create your blog. Karena kita akan masuk dalam tahap cara membuat blog, Kamu bisa langsung memilih create your blog.

cara membuat blog di blogger

Sign In Menggunakan Akun Google

Setelah mengklik tombol create your blog, Kamu bisa langsung log in menggunakan akun Google. Pastikan alamat e-mail dan password yang kamu masukkan telah benar. Setelah berhasil masuk, Kamu akan diarahkan menuju ke halaman membuat blog. Selanjutnya, ikuti petunjuk yang diberikan google untuk membuat blog di blogger.

Menentukan Nama dan Alamat Blog 

Pada halaman create blog, Kamu akan diminta memasukkan nama blog. Isilah Nama Blog kamu sekreatif mungkin, Sesuai selera, kebutuhan, dan kemampuan kamu dalam menulis artikel. Untuk menentukan alamat blog kamu, usahakanlah untuk membuat nama serta alamat blog yang mudah diingat oleh banyak orang. 

Jika alamat / url blog kamu lebih dari satu kata, maka buatlah alamat blog kamu tanpa spasi. Hindari menambahkan tanda strip (-) pada URL blog kamu. Misalnya, Kamu ingin membuat blog dengan judul “Tutorial Blogger Pemula”. Maka untuk alamat / url blog kamu cukup menulis “tutorialbloggerpemula” tanpa spasi. Nanti alamat blog Anda akan menjadi:

https://tutorialbloggerpemula.blogspot.com

Apabila url tersebut sudah diambil orang lain, Kamu juga bisa membuat Alamat Blog berbeda dengan judul blog kamu. Misalnya seperti ini

Kamu Ingin Membuat Blog dengan Judul “Tutorial Blogger Pemula” maka kamu bisa merubah alamat blog kamu menjadi seperti ini:

https://pemulatutorialblogger.blogspot.com/

Masih Belum Paham ? Silahkan lihat gambaran di bawah ini

cara membuat blog di blogspot
Pada Judul Blog, Saya Memberikan Nama
“Tutorial Blogger Pemula”
cara membuat blog di blogger terbaru 2022
Pada Alamat Blog, Saya memilih
“pemulatutorialblogger.blogspot.com”

Jadi bisa disimpulkan bahwa tidak ada masalah akan perbedaan Nama Blog dan Alamat Blog asalkan kedua nya masih terkait agar tidak membingungkan pengunjung blog kamu di kemudian hari.

Kustom Tema dan Tata Letak di Blogger

Jika hal ini diperlukan, Kamu bisa menyesuaikan tema blog dan juga tata letak tampilan blog. Kamu tentu nya dapat mengatur menu dan kategori apa saja yang ingin ditampilkan serta layout dari artikel kamu nantinya. Kamu juga dapat mengatur tambahan gadget yang akan kamu gunakan. 

Selain tema atau template yang sudah disiapkan oleh pihak blogger.com, kamu bisa menambahkan template sendiri yang bisa kamu beli. Salah satu template yang sering digunakan yaitu Median UI.

Mulailah Menerbitkan Artikel

cara membuat blog di blogspot

Blog yang kamu buat telah siap. Selanjutnya kamu sudah bisa mulai membuat artikel baru dan mempublikasikan konten pertama di blogspot. Cara Membuat Artikel nya adalah dengan mengklik new post dan mulailah menulis artikel. Jangan lupa untuk memberikan pemanis dengan menambahkan gambar pendukung agar artikel kamu menjadi lebih menarik. Gambarnya bisa didapatkan dari situs gambar gratis seperti pixabay, kalau kamu memiliki kemampuan dalam editing, bisa juga untuk memanfaatkan nya lalu dengan jepretan kamera sendiri melalui kamera DSLR atau smartphone.

Tak Cukup sampai disitu, Kamu juga harus belajar bagaimana menerapkan SEO yang benar pada blog yang kamu buat. Untuk referensi belajar SEO bisa baca artikel Media 707 Tentang SEO agar blog kamu bisa masuk ke dalam halaman pertama google dan mendapatkan Trafik Organik.

Kesimpulan

Seperti itulah langkah-langkah Membuat Blog di Blogspot. Gampang bukan? Kamu juga bisa memanfaatkan nya untuk berkarya dan berbagi ide melalui tulisan yang kamu ketik. Bahkan bagi kamu yang ingin memulai bisnis dan menjalankan usaha di internet, Tentunya kamu bisa memanfaatkan blog sebagai media promosi usaha.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui Program Partner Google Adsense yang mana jika kamu menjadi seorang Publisher akan dibayar apabila Iklan mendapatkan 1000 tayangan dan juga akan dibayar apabila ada yang mengklik iklan di blog kamu.

Deuxly adalah seseorang yang menyukai hal digital serta belajar melalui artikel artikel yang ada di internet.

Posting Komentar

© Media 707. All rights reserved. Premium By Raushan Design