5 Cara Mudah Mengatasi HP Lemot [100%] Berhasil

Cara Mudah Mengatasi HP Lemot [100%] Berhasil – Smartphone android kamu yang tiba-tiba lemot bisa mengganggu kegiatan yang membutuhkan hp. Jika hp android kamu tiba-tiba menjadi lemot, kamu perlu mencari tahu apa yang menyebabkan androidmu menjadi lemot serta menemukan cara untuk mengatasi HP lemot dengan efektif untuk mengembalikan performa hpmu.

Apapun merek hp yang kamu pakai dan sebagus performa smartphone tersebut, ada kalanya handphone kamu menjadi lemot dan butuh perawatan agar performanya kembali bagus. Akan tetapi yang harus kamu pahami terlebih dahulu yaitu apa saja yang bisa menyebabkan smartphone android kamu menjadi hp lemot atau lambat.

Penyebab HP Android Lemot

Biasanya yang paling sering kena omel dalam berbagai kasus tentang smartphone yang menjadi lemot yaitu random access memory atau RAM.

Padahal kasus lemot bukan hanya pada ram kecil tapi juga bisa menyerang android dengan ram yang tinggi. Pahami dahulu penyebab munculnya masalah lemot yang satu ini di smartphone android kamu sendiri.

Terlalu Banyak Penyimpanan Data di Memori Internal

Pada saat pertama kali kamu membeli hp android lalu menggunakan nya, kamu pasti merasakan betapa cepatnya peforma smartphone kamu. Hal ini dikarenakan internal memorinya masih kosong sehingga mampu memberikan performa yang baik dan data dengan lebih cepat.

Seiring berjalan nya waktu, semakin banyak data yang kamu simpan pada memori internal, semakin lambat juga memori atau penyimpanan internal untuk menampilkan data yang besar yaitu bisa berupa file, video, foto, atau aplikasi pada android kamu. Semakin besar penyimpanan memori internalmu, maka semakin lemot dan panas smartphone mu.

Kita tentunya bisa mengakali masalah ini dengan berbagai hal, salah satu nya yaitu dengan memindahkan sebagian besar data ke memori eksternal seperti micro SD atau bisa memindahkan semua data ke laptop kamu.

Kapasitas Penyimpanan (Storage) yang Penuh

Kapasitas penyimpanan ini sangat berkaitan erat dengan berbagai aplikasi yang kamu pasang maupun instal di smartphone. Banyaknya aplikasi yang menumpuk pada hp android maupun jarang sampai tidak pernah dipakai sama sekali dapat mempengaruhi kapasitas penyimpanan smartphone pada android kamu.

Jika saja masalah ini terlalu kamu abaikan, Performa pada smartphone android kamu pun pasti akan menurun dan bisa berakibat smartphone kamu pun menjadi lemot. Pastikanlah kamu selalu memasang aplikasi yang memang benar-benar berguna dan sering kamu pakai.
Uninstall aplikasi yang sama sekali tidak kamu butuhkan dapat meringankan kapasitas pada android.

Performa Baterai akan Menurun

Masalah lemot juga bisa disebabkan karena performa baterai smartphone android yang menurun. Baterai smartphone yang sudah menurun dapat terjadi karena kelalaian kamu dalam merawat baterai. Masalah ini akan menjadi lebih sulit untuk diatasi dengan banyaknya merk smartphone pada saat ini yang menggunakan baterai tanam.

Pastikan kamu selalu merawat baterai smartphone androidmu dengan benar agar daya tahannya terjaga kemudian performanya tidak menurun. Salah satu cara yang bisa kamu berikan untuk merawat performa baterai hp android yaitu tidak mencharge baterai android terlalu lama.

Lakukan pengisian baterai jika sudah memasuki 20% dan jangan charger hp kamu dengan kondisi 10% atau bahkan sampai mati untuk mempertahankan kualitas baterai hp kamu.

RAM & Memori Flash Storage Degradasi

Memori flash storage serta ram di smartphone android kamu dapat mengalami degradasi ataupun penyusutan performa seperti hal yang terjadi pada baterai smartphone android. Perihal ini dapat berlangsung karena banyaknya kegiatan penghapusan data serta penyusunan yang terjalin di kedua komponen tersebut.

Dampaknya, smartphone androidmu jadi perlu waktu lama untuk menampilkan data serta menjadi lemot dalam menunjukkan informasi yang kamu butuhkan. Apapun pemicu lemotnya smartphone androidmu, kamu harus mengetahui beberapa metode untuk mengatasi HP lemot secara efisien.

9 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Masalah HP Lemot pada Android

cara mengatasi hp lemot (2)
cara mengatasi hp lemot

Jika kamu sudah paham tentang apa saja yang membuat hp android milikmu menjadi sangat lemot, kamu bisa mencari tahu beberapa solusi ampuh dan yang paling tepat untuk mengatasi masalah lemot yang muncul.

Di bawah ini kamu akan mengetahui dengan membaca artikel 9 cara paling efektif untuk mengatasi masalah hp lemot di smartphone android.

Memperhatikan Kapasitas Memori

Setiap smartphone dilengkapi dengan kapasitas memori yang berbeda. Selain ram, kapasitas memori tentunya juga sangat berpengaruh pada performa smartphone yang kamu gunakan.

Jika memori internal smartphone kamu penuh, bersihkanlah dan sediakan ruang lebih banyak untuk memori internal.

Cara melakukannya cukup mudah, jika kamu memang membutuhkan penyimpanan untuk banyak file atau data di smartphone android, sediakan sd card dengan memori berukuran besar.

Pindahkan semua data penting kamu dari penyimpanan internal ke kartu memori agar memorinya memiliki ruang simpan yang lebih luas dan tidak lemot pada saat digunakan.

Atau kamu bisa membeli smartphone dengan kapasitas memori internal yang besar. contohnya smartphone android dengan kapasitas memori internalnya sebesar 128 GB atau 256 GB.

Menghapus atau Menutup Aplikasi yang Tidak Terpakai

Periksa ulang setiap aplikasi yang ada di android kamu dan cari tahu aplikasi apa saja yang sudah lama tidak kamu gunakan.

Kamu bisa menonaktifkan atau menghapus aplikasi bawaan pada ponsel yang sama sekali tidak pernah kamu pakai. Pertama, silahkan masuk ke Aplikasi Settings di Smartphone Xiaomi untuk smartphone lain nya silahkan sesuaikan. Buka menu Aplikasi, Kemudian pilih tab Running Apps. lalu silahkan Disable semua aplikasi yang tidak kamu butuhkan akan tetapi tidak bisa di uninstall.

Rutin Membersihkan Cache Data

Cache adalah sebuah tempat yang akan menyimpan semua data sementara dari berbagai aplikasi yang pernah kamu gunakan maupun yang sedang dipakai.

Karena adanya bantuan dari cache inilah kamu bisa membuka berbagai aplikasi dengan cepat dan mudah karena cache bertugas untuk menyimpan histori bahwa kamu pernah memakai aplikasi tersebut.

Tetapi jika cache nya sudah menumpuk, smartphone yang kamu gunakan bisa menjadi lemot juga. Untuk membersihkan cache yang ada di ponsel kamu, silahkan buka menu Aplikasi Settings lalu buka pada bagian Apps. Cari aplikasi yang ingin kamu bersihkan data nya. Selanjutnya kamu perlu tap pada bagian clear cache.

Mengupdate Software

Software yang belum di update biasanya dapat menimbulkan masalah pada smartphone android kamu dan menyebabkan hp lemot. Jika sudah mendapati pemberitahuan untuk melakukan update software, sebaiknya kamu segera melakukan update software agar masalah yang sebelumnya bisa teratasi.

Untuk melakukan update software tidak sulit, kamu bisa mengikuti cara ini:

  • Buka pada menu aplikasi lalu tap Settings di smartphone kamu.
  • Bukalah pada bagian About Phone atau “About” lalu tap bagian System Update.
  • Tap lagi pada tombol Check for Updates untuk melihat apakah software tersebut sudah memiliki update terbaru yang tersedia.

Jika update tersedia, Maka langsung lakukan dengan mendownload update kemudian perbarui software smartphone androidmu untuk menggunakan smartphone yang lebih baik. Kalau saja nantinya terdapat beberapa masalah pada software yang baru di install, kamu hanya perlu menunggu update terbaru dan perbaikan dari developer.

Matikan Fitur Auto-Sync

Fitur auto-sync sangat bermanfaat, terutama untuk kamu yang punya beberapa perangkat android berbeda dan perlu untuk menyambungkan ke semua perangkat. Tapi ternyata fitur yang satu ini juga bisa membuat hp kamu jadi lemot / lelet, terutama pada saat menjalankan beberapa aplikasi tertentu seperti Email.

Kamu bisa menggunakan fitur auto-sync ini pada saat tertentu saja, lalu menonaktifkannya fitur ini setelah data kamu berhasil disinkronkan. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi seperti MacroDroid atau Accounts Sync Profile yang mampu menyinkronkan ponsel kamu ke perangkat lain sambil menghemat penggunaan baterai.

Kesimpulan

5 Cara Tersebut dapat mengatasi hp lemot yang terjadi pada smartphone kamu.

Gunakan kartu memori sd yang memadai dengan kapasitar besar agar tidak memenuhi memori internal kamu dengan berbagai data yang dapat membuat smartphone android kamu menjadi lemot.

Nah Itu tadi artikel untuk Cara Mengatasi HP Lemot dengan cara yang paling Mudah. , Semoga Artikel ini bisa membantu mengatasi masalah pada smartphone kamu.

Deuxly adalah seseorang yang menyukai hal digital serta belajar melalui artikel artikel yang ada di internet.

Posting Komentar

© Media 707. All rights reserved. Premium By Raushan Design