9 Cara Optimasi SEO Blog (Updated)

Media707.comOptimasi Seo Blog yang masih baru sangat penting untuk kualitas dari Blog yang kamu kelola.

Pada saat sekarang ini SEO merupakan dasar yang harus bisa dikuasai oleh orang yang memiliki blog. Mengapa demikian ? karena Google lebih senang dengan Konten Artikel Berkualitas daripada Artikel yang ditulis dengan asal asalan.
Bahkan banyak Blog yang tertinggal jauh karena tidak menerapkan SEO dalam mengurus Blog.

Di Artikel yang berjudul 9 Cara Optimasi Seo Blog akan menjelaskan beberapa Cara untuk mengoptimalkan Seo blog kamu.

9 Cara Optimasi Seo Blog - Update 2022

Apa Itu SEO ?

Sebelumnya mari kita bahas terlebih dahulu mengenai SEO ini.
Seo merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa indonesia yang berarti “Pengoptimalan Mesin Pencari

Penerapan Seo dapat mempengaruhi peringkat blog di mesin pencarian Google. Bahkan tak jarang dulu nya blog yang selalu nangkring di Page One Google sekarang bisa berada pada halaman belakang google ada juga yang sampai tidak muncul di pencarian Google karena Penerapan SEO yang salah.

Seo adalah penerapan untuk mengoptimalkan suatu situs agar Mendapatkan Ranking yang tinggi di Google maupun Search Engine lain seperti Yahoo, Bing, Yandex, dan lain nya.

Apa Fungsi Penerapan Seo ?

Fungsi dari Penerapan SEO dalam Blog yaitu untuk Mencari Trafik Organik melalui tulisan yang berkualitas dan mendapatkan Pengunjung dari search engine secara gratis.

Itulah mengapa kita harus menerapkan SEO pada blog yang kita urus. Karena dengan SEO kita bisa mendatangkan Trafik dari Google dan Search Engine lain.
Dengan Seo, Artikel yang kita buat tentu nya sudah pasti menjadi Artikel yang Berkualitas Tinggi dan meningkatkan pengalaman Pembaca Blog kamu sehingga pengunjung akan senang berada di blog yang kamu kelola. Ini bisa menjadi keuntungan untuk kita.

Namun, untuk Cara Optimasi Seo Blog juga tidaklah mudah, karena kita akan dihadang oleh beberapa pesaing yang kuat.

Ada Berapa Jenis SEO?

Tentu saja Seo memiliki beberapa jenis, lalu kamu akan bertanya Apa Saja Jenis SEO ? baiklah dibawah ini akan saya jelaskan Jenis Jenis SEO yang bisa kamu praktek kan secara mandiri blog kamu.

Tenang aja, karena untuk penerapan SEO jika dipelajari secara perlahan, kamu akan bisa dengan sendiri nya. Bahkan siapa tau Penerapan SEO yang kamu lakukan bisa membuat blog kamu berada di Page One Google.

3 Jenis Seo Yang Wajib Kamu Ketahui

Search Engine Optimization memiliki beberapa jenis, dan ini wajib kamu ketahui. Karena dengan 3 Jenis Seo ini kamu akan memahami dasar dasar SEO.

Seo memiliki 3 Jenis, yaitu;

SEO On Page

Menurut Baclinko, SEO on page adalah Praktek untuk mengoptimalkan konten artikel pada halaman website / blog agar bisa menduduki peringkat teratas Google dan mudah dicari oleh pengguna melalui Search Engine. Pada umumnya, SEO on page akan berfokus pada cara membuat konten artikel agar terlihat SEO Friendly.

SEO Off Page

Menurut Pakar SEO dari Neil Patel, SEO off page adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengoptimasi website atau blog dari luar halaman. Dengan kata lain, SEO off page bisa juga dibilang sebagai cara mempromosikan artikel blog dengan cara melakukan link building, backlink, dan lain sebagainya.

Jika SEO On Page menerapkan SEO dari dalam halaman, maka Seo Off Page kebalikan dari On Page yang mana kita menerapkan SEO dari luar.

Seo Technical

Dilansir dari Yoast SEO, Technical SEO adalah proses mengoptimasi berbagai aspek teknis dalam sebuah situs website. Lalu apa Fungsi nya ? Fungsi dari Technical Seo yaitu meningkatkan peringkat halaman yang kita buat di search engine. Jadi, Technical Seo tidak berkaitan langsung dengan kata kunci, melainkan berbagai elemen teknis di balik sebuah situs.

Itulah ketiga Jenis Seo yang harus kamu ketahui, jika sudah mengetahui beberapa dasar dari SEO selanjutnya kita akan masuk bagaimana Cara Optimasi Seo Blog agar blog kita ramai dan berkemungkinan mendapatkan peringkat satu di Google.

9 Cara Optimasi SEO Blog

Sebelum mengoptimasi Seo blog kamu, sebaiknya kamu sudah menentukan Keyword untuk Cara Meriset Kata Kunci sudah ada di artikel Media 707 atau bisa klik link di samping untuk mencari Tools Riset Keyword yang gratis.

Lalu apa saja yang harus kita lakukan untuk Cara Optimasi Seo Blog ?

Meta Title

cara optimasi seo blog - Meta Title

Meta Title harus ada karena ini akan menjadi nama brand blog kamu. Untuk kamu yang menggunakan blogspot mohon dipastikan SEO On Page tag kamu memiliki meta title dan judul blog diatur dalam kode source atau halaman HTML. Jadikan judul blog kamu semenarik mungkin. Akan tetapi, jika ingin memaksimalkan SEO untuk blog yang masih baru dan menggunakan platform cms seperti WordPress tidak usah bingung karena Blog WordPress akan lebih mudah karena kita menggunakan plugin wordpress gratis otomatis seperti All In One SEO Pack (AIO), Yoast SEO, Rank Math atau yang lainnya.

Meta Deskripsi

cara optimasi seo blog - meta deskripsi

Meta Deskripsi blog yang tampil di cuplikan hasil pencarian search engine seperti Google, Yahoo atau Bing dan mesin pencari lain. Itulah mengapa Meta Deskripsi merupakan salah satu kunci sangat penting dalam SEO Blog. Oleh karena itu, pastikan deskripsi blog dan postingan kamu memberikan inti yang kuat kepada pengunjung agar meningkatkan CTR ke blog kamu.

Judul Halaman (Tag H1)

Judul halaman juga penting peran nya, karena saya sendiri pernah mengalami tag h1 hilang, Pastikan bahwa kamu sudah menggunakan Judul Meta benar dan sama seperti Judul halaman meta tag h1 pada halaman blog kamu. Mohon tidak menggunakan judul yang berbeda. Gunakanlah satu tag H1 disetiap halaman blog kamu.

URL Blog yang Seo Friendly

cara optimasi seo blog - url yang seo friendly

Gunakanlah Url / Link yang gampang dibaca, ini juga akan memudahkan mesin pencari untuk merayapi konten artikel yang kita terbitkan. Contoh permalink blog yang SEO friendly seperti ini

media707.com/cara-optimasi-seo-blog/

Link tersebut jauh lebih baik ketimbang

media707.com/cara-optimasi-seo/?=cara-seo-on-page-url-1.html/

Buatlah URL kamu singkat, jelas dan padat. Saya sarankan untuk tidak menggunakan Underscore (_) tetapi gunakan tanda hubung (-) sebagai spasi.

Menggunakan Subheading

cara optimasi seo blog - menggunakan subheading

Manfaatkan Subheading untuk memudahkan pengunjung untuk membaca artikel kamu. Selain itu Subheading juga bisa digunakan sebagai Table Of Content yang mana akan menampilkan Rich Snippets pada halaman pencarian Google.

Berikan Kata Kunci pada salah satu Subheading, karena ini juga termasuk teknik SEO yang harus kamu praktik kan. Selain memberikan dampak pada SEO, tentu nya dengan menggunakan Subheading akan mempercantik tampilan dari artikel yang kamu buat. Sehingga para pengunjung dengan senang hati membaca tulisan kamu.

Menambahkan Gambar

Jika konten artikel yang kamu buat hanya berupa tulisan saja, maka sudah bisa dipastikan pengunjung blog kamu akan suntuk dan bosan membaca semua tulisan kamu. Bahkan saya sendiri juga merasa demikian, apabila membaca artikel yang tidak ada Media seperti Gambar atau Video pasti nya akan sangat membosankan.

Berikanlah beberapa gambar yang menyangkut artikel kamu. Jangan terlalu berlebihan karena selain memberatkan blog kamu, pembaca akan kebingungan dengan gambar gambar yang banyak.

Letakkan Kata Kunci di Awal Paragraf

cara optimasi seo blog - meletakkan keyword di awal paragraf

Secara Umum, Meletakkan Keyword di awal paragraf adalah hal yang wajib jika ingin Mengoptimasi Seo Blog. Karena kebanyakan Plugin maupun tools Seo lain nya juga menyarankan agar kita meletakkan Kata Kunci di Awal paragraf. Bisa kamu scroll ke atas di awal paragraf saya juga meletakkan beberapa kata kunci. Karena saya menggunakan Plugin Seo Rank Math yang mewajibkan untuk memberikan Keyword pada awal paragraf.

Gunakan Template SEO Friendly

Cara Optimasi Seo Blog - Menggunakan Template Responsive

Banyak nya penggunaan Smartphone pada saat ini tentu nya kita membutuhkan Template Responsive dan Mobile Friendly. Karena tidak sedikit orang yang mencari konten artikel kita melalui smartphone.

Oleh karena itu, Cara Optimasi Seo Blog juga harus menggunakan Template Seo Friendly. Jika Template yang digunakan tidak Seo Friendly maka pengunjung cenderung sering melewatkan blog kamu dikarenakan tampilan yang tidak Mobile Friendly.

Memperhatikan Kecepatan / Page Speed Blog

cara optimasi seo blog - melakukan pengecekan terhadap kecepat situs blog

Langkah terakhir dari Cara Optimasi Seo Blog yaitu dengan melakukan pengecekan kecepatan blog kamu. Karena kecepatan loading juga mempengaruhi Seo blog kamu.

Situs yang memiliki Kecepatan yang sangat buruk dapat memberikan dampak negatif kepada Search Engine serta kepada pengunjung yang mengakses Blog kamu.
Oleh karena itu selalu perhatikan kecepatan blog kamu agar tetap menjaga kualitas blog kamu sehingga pengunjung akan kembali lagi untuk melihat artikel yang kamu terbitkan.

Kesimpulan

Jika Blog kamu masih baru, maka wajib untuk mengikuti Cara Optimasi Seo Blog agar blog kamu di index dengan cepat oleh Search Engine terutama Google. Jangan bermalas malasan dalam menulis Artikel yang Berkualitas, Karena pada saat ini Konten adalah segala nya.

Apabila konten artikel yang kamu buat berkualitas, bukan tidak berkemungkinan Artikel kamu akan berada di Page One Google.
Karena kebanyakan orang mencari artikel di Google hanya pada halaman pertama Google, sangat jarang sekali mencari artikel yang ia cari pada halaman kedua atau ketiga bahkan sampai 10. Selain membuang waktu, Konten Artikel yang berada di halaman pertama google biasanya sudah relevan.

Tidak cukup sampai disini, kamu harus mencari Cara Optimasi Seo Blog di berbagai sumber untuk meningkatkan kualitas blog kamu.

Deuxly adalah seseorang yang menyukai hal digital serta belajar melalui artikel artikel yang ada di internet.

Posting Komentar

© Media 707. All rights reserved. Premium By Raushan Design