[Seo Friendly] Cara Pindah Dari Blogger ke Wordpress Dengan Mudah

Ingin migrasi dari blog kamu yang sebelumnya Blogger ke WordPress? Tapi takut semua artikel yang sudah kamu buat dan ranking blog kamu di blogspot akan drop? Tenang saja, berikut ini adalah artikel yang akan menjelaskan bagaimana cara pindah dari blogger ke wordpress dan tetap menjaga Seo serta tanpa menjatuhkan ranking blog kamu.

Pada dasarnya jika sebelumnya kamu adalah pengguna blog di blogspot pasti ingin mencoba bagaimana rasanya mengelola blog dari wordpress bukan ? Jika kamu masih ragu untuk migrasi dari blogger ke wordpress saya sarankan untuk mencoba membuat blog di wordpress dengan demikian kamu akan mengetahui ke depan nya apakah blog kamu cocok di wordpress atau di blogger.

Mengapa harus Pindah dari Blogger Ke WordPress ?

Blogger adalah platform Blogging dibawah naungan Google. Dengan adanya blogger, kamu bisa membuat blog sendiri dengan mudah, yaitu dengan memanfaatkan akun Google saja.

Tak dapat dipungkiri bahwasan nya Blogger atau blogspot adalah platform blogging yang sangat bagus dan user friendly. Tetapi fungsi serta desain yang disediakan blogger memiliki keterbatasan.

Oleh karena alasan tersebut, Membuat kebanyakan orang pindah dari Blogger ke WordPress sebagai platform blogging.

WordPress yang kita maksud disini adalah self hosted WordPress dari WordPress.org, bukan WordPress.com. Mengapa berbeda? Jawaban nya yaitu jika menggunakan wordpress.com kamu akan mendapati fitur yang sama saja dengan blogger. Silahkan searching di google apa perbedaan WordPress.org dengan WordPress.com

Cara Pindah dari Blogger ke WordPress

Berikut ini adalah langkah – langkah cara pindah dari blogger ke wordpress secara seo friendly tanpa menurunkan ranking blog kamu di Google:

  1. Sudah memiliki blog di WordPress.
  2. Melakukan Export data Blogger
  3. Import data dari Blogger ke WordPress
  4. Mengatur Ulang Permalink
  5. Mengatur Redirection secara benar
  6. Memindahkan Semua Data Blogger Lainnya
  7. Melakukan Submit Pindah Website di Google Search Console / Webmaster

Langkah pertama untuk pindah dari blogger ke wordpress yaitu sudah memiliki blog di WordPress. Jika belum punya, bisa ikuti tutorial cara buat membuat blog di WordPress. Jadi kita akan langsung lompat ke langkah kedua ya yaitu mengexport data dari Blogger.

Melakukan Export Data dari Blogger

Login terlebih dahulu ke akun google kamu lalu silahkan akses dashboard Blogger, kemudian silahkan pilih Setting dan scroll kebawah dan temukan menu Manage Your Blog lalu pilih Backup Content.

backup blogger

Kemudian akan ada popup baru yang muncul yaitu backup content. Lalu Pilih Download untuk mengunduh semua data konten blogger kamu. File konten yang sudah kamu download tadi akan memiliki format .xml. Simpan file ini baik baik karena akan diupload di WordPress.

backup blogger

Import Semua Data Blogger ke WordPress

File yang sudah kamu download tadi berisi semua artikel termasuk data blogspot kamu. File ini harus kamu import ke WordPress.

Caranya yaitu silahkan masuk dulu ke dashboard WordPress kamu, kemudian klik pada menu Tools > Import dan pilih Install Now dibawah tulisan Blogger.

Cara Pindah Dari Blogger ke WordPress SEO Friendly (2022) 5

Setelah itu, klik Install Now, tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai dan kemudian Klik Run Importer.

Cara Pindah Dari Blogger ke WordPress SEO Friendly (2022) 7

Langkah selanjutnya kamu harus mengupload file xml yang sudah didownload sebelumnya kemudian pilih Upload file and import.

Cara Pindah Dari Blogger ke WordPress SEO Friendly (2022) 9

Jika proses upload telah selesai, akan ada pilihan untuk mengimport user. Disini saya sarankan untuk mengikuti defaultnya saja. Jika penulis dari blogger kamu sebelumnya lebih dari satu maka WordPress akan membuat user sesuai jumlah yang berasal dari Blogger. Kamu juga harus memilih author dari blog sebelumnya ke satu user yang sudah ada di WordPress.

Cara Pindah Dari Blogger ke WordPress SEO Friendly (2022) 11

Tunggu beberapa menit hingga loading proses migrasi selesai kemudian kamu dapat melihatnya dengan cara yaitu, Buka Post > All Posts. Kamu akan melihat seluruh postingan dari Blogger sudah pindah ke WordPress.

Melakukan Setting Ulang Permalink

Pada tahap sebelumnya kamu sudah berhasil melakukan perpindahan atau migrasi dari Blogger ke WordPress. Akan tetapi proses migrasinya belum secara SEO Friendly untuk itu langkah pertama yang bisa kita ambil yaitu itu melakukan setting ulang permalink di WordPress.

Secara default, permalink yang berasal dari blogger memiliki tanggal dan bulan pada setiap url postingan. Contohnya seperti ini

media707.blogspot.com/2020/07/tentang-cara-pindah-dari-blogger-ke-wordpress

Untuk itu kita akan membuat permalink WordPress semirip atau sama dengan yang dari Blogger.

Cara untuk merubah permalink di wordpress yaitu pergi ke Settings > Permalink kemudian pilih Custom Structure dan paste kode dibawah inikemudian pilih Save.

/%year%/%monthnum%/%postname%.html

Cara Pindah Dari Blogger ke WordPress SEO Friendly (2022) Migrasi

Setting Redirection Pada WordPress

Ini merupakan tahap yang paling penting dalam tutorial cara pindah dari blogger ke wordpress secara seo friendly. Tidak hanya pada migrasi blogger saja, kamu wajib menggunakannya jika ingin migrasi hosting wordpress.

Bagian penting dari Redirection yaitu untuk memastikan bahwa pengunjung blog kamu bisa sampai di halaman yang sama persis di blog WordPress baru kamu yang mereka coba kunjungi dari blog lama. Dengan melakukan Redirection, Kamu sudah memastikan dan memberikan perintah pada mesin pencari bahwa blog lama kamu yang berasal dari blogger sudah dipindahkan ke blog baru di wordpress.

Untuk melakukan redirection dari Blogger ke WordPress, kamu harus menginstall plugin Blogger to WordPress Redirection Atau bisa langsung dengan Plugin Seo seperti Rank Math.

Jika sudah menginstall dan mengaktifkan pluginnya, selanjutnya silahkan klik pada bagian Tools > Blogger to WordPress Redirection > Start Configuration. Pilih Get Code dari blog kamu yang sudah diimport sebelumnya ya.

redirection dari blogger ke wordpress

Nanti akan muncul beberapa digit code yang berfungsi untuk meredirect seluruh pengunjung blogger kamu ke blog WordPress secara otomatis. Selanjutnya kamu harus menyalin kode tersebut dan wajib dipastekan di dashboard Blogger anda.

kode redirection blogger ke wordpress

Selanjutnya yaitu pergi ke dashboard Blogger kemudian pilih Theme dan klik icon tiga titik dan pilih Switch to first generation theme. Nanti akan ada popup, silahkan pilih Backup and switch.

Cara Pindah Dari Blogger ke WordPress SEO Friendly (2022) 17

Jika langkah tersebut sudah berhasil switch to first generation Classic Theme nanti akan muncul opsi untuk Edit HTML dan silahkan diklik.

Nanti akan muncul Editor HTML, hapuslah semua kode di dalam editor tersebut dan pastekan kode yang didapat dari WordPres.

Cara Pindah Dari Blogger ke WordPress SEO Friendly (2022) 19

Kemudian pilih Save. Website blogger kamu akan otomatis teralihkan ke blog WordPress.

Memindahkan Konten Blogger Lainnya

Proses perpindahan dari Blogger ke WordPress diatas itu berlaku untuk post type. Kali ini kita akan memindahkan berbagai macam konten Blogspot seperti pagetype, widget, dan rss feed.

  1. Memindahkan Page Blogger ke WordPress

Plugin Blogger to WordPress Redirection hanya mengalihkan konten yang berjenis post type. Kalau blog kamu tidak menggunakan page type maka bisa melewati tutorial ini.

Untuk memindahkan page ke WordPress harus dilakukan secara manual. Pertama kamu sudah menginstall Plugin Redirection atau bisa juga menggunakan plugin Rank Math. Selanjutnya kamu wajib menyalin semua link halaman dan melakukan redirection secara manual.

Note

Cara ini hanya berlaku untuk blog yang sudah menggunakan custom domain. Jika masih menggunakan blogspot gratisan kamu hanya bisa redirect post type saja.

  1. Memindahkan Widget

Kamu juga bisa memindahkan beberapa widget dari Blogger ke WordPress tetapi tidak semua nya secara langsung. Kamu hanya bisa memindahkan widget yang kamu buat dari html seperti link blogroll, gambar, dan semua yang kamu buat dengan kote html.

Caranya silahkan masuk ke WordPress > Appearance > Widgets. Kamu tinggal memasukkan jenis widget yang diinginkan. Jika tidak ada widget yang kamu mau pindahkan, bisa cari dengan repository Plugin WordPress.

Submit Pindah Blog di Search Console / Google Webmaster

Jika sebelumnya kamu menggunakan custom domain di Blogger, maka tidak perlu melakukan submit pindah domain di Search Console.

Pindah domain blog ini hanya wajib dilakukan apabila kamu masih menggunakan .blogspot di Google Webmaster.

Kesimpulan

Setelah berhasil melakukan proses pindah Blogger ke WordPress maka selanjutnya adalah mengamankan blog WordPress kamu. Jika artikel ini bisa membantu kamu untuk Berpindah dari Blogger ke WordPress mohon di share ya terima kasih.

Deuxly adalah seseorang yang menyukai hal digital serta belajar melalui artikel artikel yang ada di internet.

Posting Komentar

© Media 707. All rights reserved. Premium By Raushan Design